Cara Matikan Komputer Menggunakan Waktu


Di Era Modern seperti saat ini, penggunaan komputer atau perangkat desktop lainnya sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah dan tidak perlu dipertanyakan lagi. Nyatanya beberapa kegiatan atau kebutuhan pendidikan, pekerjaan maupun hanya sekedar aktifitas disela hari dapat kita lakukan dengan begitu mudah dengan bantuan dari perangkat tersebut. Bayangkan saja apabila sampai saat ini komputer belum ditemukan, Seketika orang-orang inginkan melakukan penulisan berkas pasti masih menggunakan mesin ketik. Maka, dari itu perlu mangpresiasi kepada Charless Babbage yang disinyalir merupakan dalang dari salah satu penemuan terhebat itu.
Nah seiring perkembangan jaman, perangkat komputerpun kini semakin banyak fitur dan kecanggihan-kecanggihan yang mumpuni. Dimana dulunya yang ukurannya masih sangat besar kemudian semakin menyusut ukurannya, hingga tertbitlah sebuah perangkat laptop dan notebook yang saat ini mudah dibawah-bawah karena sifatnya portable.
Semakin tingginya dan banyaknya penerapan penggunaan komputer diberbagai bidang membuat pengguna perangkat komputer semakin meningkat, khususnya pengguna dengan rentang usia yang masih muda. Penggunaan perangkat bukan hanya kebutuhan invididu masyarakat tetapi sebagian adalah kebutuhan akan pekerjaan atau pendidkan.
Dengan tujuan itulah, banyak pengguna yang menggunakan perangkat hingga larut malam demi menyelesaikan sebuah tuntutan yang wajib dituntaskan. Tidak jarang dari disela proses mengerjakan mereka malah tidak kuat dengan rasa kantuk yang cukup berat sehingga tertidur dan tidak sengaja membiarkan komputer mereka dalam keadaan menyala hingga pagi hari. Maka dari itu pada artikel ini akan sedikit memberi tips sederhana bagaimana cara matikan komputer menggunakan waktu tanpa harus menginstall software tambahan pada perangkat yang dimiliki.

#Cara Penggunaan :

1. Buka CMD.exe. 
Pertama yang harus dilakukan adalah membuka Command Prompt (CMD. Anda bisa mencarinya dengan mengetik CMD.exe di kolom pencaharian windows atau dengan menekan keyboard “Windows + R ” lalu mengetik CMD kemudian Enter.
2. Masukan Perintah + Waktu yang diinginkan.
Setelah Command Prompt terbuka, silahkan perintah sesuai keinginan misalnya untuk satu jam kedepan jadi “Shutdown /s /t 3600“. 3600 adalah hitungan detik (3600 detik = 60 menit = 1 Jam), jadi ketika anda ingin lebih atau kurang dari itu silahkan kalkulasikan sesuai keinginan.
Setelah menuliskan perintah ke Command Prompt Tekan Enter untuk menerapkan waktu tersebut, kemudian akan muncul notifikasi kecil dinavbar windows yang akan memberi tahu bahwa Shutdown Timer sudah berjalan.
3. Batalkan Perintah
Jika anda salah memasukan perintah atau ingin membatalkan menggunakan fitur yang telah diset sebelumnya dengan alasan apapun itu, maka Anda dapat melakukan pembatalan dengan membuka Kembali Command Prompt (CMD) kemudian mengetikkan kembali “Shutdown /a
Cukup sekian dari tulisan sederhana ini, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Kemudian jika ada sesuatu yang ingin dipertanyakan atau hanya sekedar tambahan, saran atau kritik, maka silahkan tinggalkan jejak tersebut pada kolom komentar dibawah ini. Dengan sigap kami akan segera membalas semua tanggapan tersebut 🙂

Post a Comment

0 Comments

close