Cara Mempersiapkan Blog untuk Daftar Google Adsense



Agar dapat diterima google adsense sobat perlu persiapan yang matang dalam pembuatan blog sejak awal. Artinya tidak buru-buru daftar dengan persiapan yang minim. Kebanyakan penolakan dari adsense karena blog yang baru belum memenuhi persyaratan dan kriteria adsense.

Mempersiapkan blog untuk daftar Adsense

Langkah terbaik sebelum mendaftar adsense adalah evaluasi atau cek blog sobat dari beberapa aspek. Jika dirasa sudah cukup memenuhi persyaratan segera daftarkan. Kalaupun ada penolakan dari adsense maka akan dengan mudah diketahui apa penyebab pastinya.
Google memang menjelaskan setiap penolakan dari blog yang didaftarkan. Tetapi tidak rinci masalah penolakan di bagian apanya. Disinilah sobat harus jeli mengetahui bagian-bagian blog mana yang dirasa kurang atau salah sehingga bisa cepat diperbaiki.

1. Tentukan Niche blog (tema/topic)

Pilihlah niche blog yang banyak dicari pengunjung, memiliki nilai manfaat dan kaya akan informasi. Seperti pendidikan, kesehatan, komputer, internet, kecantikan, teknologi, blogging, tutorial, design dst.

2. Gunakan blogspot dengan TLD (Top Level Domain)

Pertama kali sobat membuat blog maka akhiran blog sobat adalah .blogspot.com (gratis).
Sobat harus beli domain TLD untuk daftar google adsense agar mendapatkan akun dengan type non hosted. Belilah domain yang paling umum digunakan seperti .com, .info, .net.


3. Template terbaik

Pastikan template yang sobat gunakan responsive, user friendly, ringan, bersih, simple, rapi, memiliki nilai skor SEO yang baik dan tidak error. Yang tidak kalah penting adalah template harus sesui dengan tema atau niche blog sobat.

4. Gunakan Widget seperlunya

Kebiasaan blogger pemula biasanya terlalu banyak pasang widget yang tidak penting seperti jam, animasi dan gambar. Ini akan memberatkan halaman blog. Kalau untuk adsense pasang widget seperlunya saja. Ini yang wajib dipasang : popular post, arsip, dan label.

5. Halaman Wajib

Ini yang tidak boleh ketingalan sob. Halaman wajib yang harus ada di blog seperti : about us, contact, sitemap, Privacy Policy dan Disclaimer. Setelah sobat selesai pasang template blog. Utamakanlah pasang halaman wajib ini terlebih dahulu baru kemudian pasang widget blog.

6. Artikel bukan copas

Pastikan artikel sobat bukan copy paste. yang perlu di Copy paste itu ide dan informasinya bukan full tulisan dan bahasanya. Jadi tulislah dengan gaya bahasa sendiri dengan menggunakan metode ATM (amati, tiru, modifikasi).

7. Jumlah Posting

Jumlah posting ini masih banyak blogger yang beda pendapat. Ada yang 16 postingan sudah diterima, 40 postingan diterima, bahkan ada yang positng 100 artikel baru diterima. Tapi Rata-rata banyak yang diterima di angka 20-40an postingan.

8. Jumlah kata dalam postingan

Jumlah penulisan kata minimal 500-1.000 kata. Lebih banyak lebih bagus sob. Tapi jangan asal banyak. Artikel panjang tapi isinya muter-muter aja yaa percuma. Konsisten di 500 kata itu sudah bagus. Yang diharapkan google ya artikel panjang (lebih dari 1.000 kata) dengan informasi yang super lengkap.

9. Usia blog

Usia blog memang tidak bisa dijadikan acuan pasti. Ada yang diterima di usia 2 bulan dan 6 bulan. Rata-rata blogger banyak diterima diusia 2 bulan. Apalagi kalau sobat beli domain yang sudah berumur (aged domain) akan lebih cepat diterima sob.

10. Daftarkan ke google webmaster dan analytics

Jika blog sudah dibuat segera daftarkan ke google webmaster agar cepat terindeks. Sedangkan google analytics berguna untuk menampilkan data-data statistic pengujung. Dengan mendaftarkan dua hal ini blog sobat akan mudah dipantau dan dievaluasi.

11. Submit artikel ke google, bing dan yandex

Ini adalah hal wajib dilakukan untuk setiap postingan baru. Tujuanya agar artikel yang baru diposting dapat dikenali di tiga mesin pencari di atas dan cepat terindek. Jika sobat tidak malakukan submit, maka artikel akan lama terindeks di mesin pencari manapun.

Post a Comment

0 Comments

close