Cara Mudah Membackup Semua Postingan di Blogspot


Cara Mudah Membackup Semua Postingan di Blogspot
Apakah sobat pernah membackup data-data di blog ? Jika belum lakukanlah sekarang. Caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Apalagi jika postingan blog sobat mencapai ratusan post, bisa jadi wajib itu hukumnya.
Ada dua data penting yang harus sobat backup di dalam blogspot. Pertama adalah konten atau postingan blog. Yang kedua thema atau template. Untuk template cukup sekali backup atau dibackup ketika selesai melakukan perubahan pada template. Sedangakan untuk data postingan, lakukanlah backup secara rutin minimal 1 bulan sekali.

Kenapa postingan harus dibackup ?
Karena backup berfungsi sebagai data cadangan jika  suatu saat nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada blog kita seperti blog dihack atau terkena banned permanen dari google (blog dihapus). Kalau sobat punya data cadangan itu akan lebih baik karena tinggal di “Impor Konten” data-data blog akan kembali lagi. Itulah pentingnya kenapa blog harus dibackup.

Cara Membackup Postingan Blogspot
Blogger.com sudah menyediakan fitur untuk membackup data postingan blog. Tapi jarang sekali blogger memperhatikan masalah backup ini. Kalau terjadi masalah pada blog barulah rajin membeckup. Berikut ini adalah cara membackup artikel atau postingan di blog :


Membackup Postingan Blogspot


  1. Pastikan sobat  berada di Dasboard Blog
  2. Pilih menu SETELAN
  3. Pilih Sub menu “ Lainnya” (ada di bagian bawah)
  4. Lihat pada bagian “Impor & Backup”  lalu pilih “Backup Konten”
  5. Setelah diklik Backup Konten (akan tampil pop up backup konten)
  6. Klik “Simpan ke Komputer”
  7. Maka secara otomatis file backup akan tersimpan di komputer dengan format .xml
Setelah file tersimpan dikomputer, saran saya segera diamankan dengan cara di Archive. Kalau saya biasa menggunakan aplikasi Winrar untuk mengarchive file-file yang saya anggap penting.
Cara Mengembalikan Backup Postingan di Blogspot

Jika suatu saat nanti blog sobat mengalami masalah atau karena sesuatu hal mengharuskan pindah blog maka sobat bisa memindahkan data postingan dari satu blog ke blog yang lain. Caranya hampir sama dengan cara membackup postingan. Hanya saja yang sobat pilih harus impor konten. Berikut ini tahapannya :

  1. Dari Dasborad blog pilih menu SETELAN
  2. Pilih Sub menu “Lainnya”
  3. Pada bagian “Impor & Backup”  lalu pilih “Impor Konten”
  4. Akan keluar pop up “Saya bukan robot” selesaikan dengan cara ceklis pada kotak “Saya bukan robot” dan ikuti petunjuk pada popup untuk menyelesaikan masalah verifikasi (klik gambar sesuai petunjuk lalu klik verifikasikan).
  5. Beri tanda ceklis (centang) pada “Terbitkan semua entri yang diimpor secara otomatis". Agar ketika diimpor postingan otomatis diterbitkan semua.
  6. Klik “Impor dari komputer” Cari dimana file backup sobat simpan (format .xml)
  7. Secara otomatis data backup konten akan terposting di blog sobat.
Jika data backup sobat sebelumnya di Archive dengan format .zip atau format yang lainnya, maka sebelum diimpor (diupload) harus diExtract (dibuka) terlebih dahulu. Jika tidak diextract maka file tidak akan bisa diimport.
Salah satu fungsi dari Archive adalah untuk melindungi file backup konten dari virus komputer. Kalau yakin komputer aman ya tidak perlu diarchive. Ini hanyalah optional saja. Saya sendiri menggunkan aplikasi winrar dengan archive format .zip

Ketika sobat berhasil membackup konten, ada 3 data yang terbackup yaitu Laman, Postingan, dan Komentar.

Untuk sobat yang memiliki blog dengan platform blogspot rajin-rajinlah melakukan backup konten.

Post a Comment

0 Comments

close