Cara Optimasi SEO Gambar di Website Blog Dengan Mudah & Gratis


Seperti yang kebanyak orang tau bahwa SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah teknik optimasi yang digunakan untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan posisi terbaik dalam mesin pencaharian seperti google dan sejenisnya.
Hal yang acap kali diacuhkan oleh orang-orang adalah, SEO terhadap gambar. Seringkali para blogger hanya mengutamakan teknik seo secara umum, tapi mereka tidak memperhatikan bahkan acuh terhadap seo gambar, padahal seo terhadap gambar juga cukup berperan penting dalam peningkatan minat dan ketahuan pengunjung akan situs blog yang mereka miliki.

Nah untuk itulah pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai cara melakukan optimasi pada sebuah situs blog.

Bagaimana Cara Melakukan Optimasi SEO Gambar?

Salah satu hal lebih yang dapat dilakukan ketika ingin melakukan optimasi seo pada sebuah gambar di blog adalah dengan mencantumkan gambar yang ingin Anda optimalkan pada sebuah artikel atau konten yang ada di blog Anda.

Tapi mencantumkan tidak hanya sekedar mencantum, ada metode yang dianggap cukup efektif dalam meningkat seo gambar pada sebuah blog.

Berikut adalah beberapa caranya yang telah ofamni pisahkan berdasarkan tahapan sebelum upload dan setelah upload pada situs blog Anda:

#SEBELUM UPLOAD
Sesuaikan Nama File Gambar
Kunci dari sebuah SEO pada sebuah gambar adalah nama atau titlenya karena tentu itulah yang digunakan saat pengguna internet ketikkan pada sebuah mesin pencaharian.

Misalnya, gambar tersebut secara default bernama “DSC5832.jpg”, maka Anda bisa ganti sesuai kata kunci yang banyak dicari oleh orang. Misalnya menjadi “cara-coli-dengan-mudah.jpg” dan begitu sebagainya.

Ada juga hal lebih yang dapat Anda gunakan yaitu dengan mengubah properties dari gambar tersebut.

Bagi pengguna Windows, Anda bisa cari gambar yang diinginkan melalui Windows Explorer lalu klik Kanan pada file yang ditargetka, kemudian -> Properties -> Klik Pada tab “Details” -> Kemudian, silahkan Anda ganti atau masukan Title, Author, Tags dan sebagainya sesuai prospek kata kunci yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk di simpan dengan klik OK atau Apply.

Tentukan Skala Ukuran Gambar
Ukuran atau Skala Size Gambar juga berpengaruh. Misalnya, gambar yang tidak sangat besar alias sedang, akan lebih optimal untuk digunakan. Kecuali Anda memang fokus pada sebuah gambar Wallpaper.

Selain itu, tidak semua orang mencari gambar dengan semua ukuran. Sebagian dari pengguna yang sedang mencari gambar, ada kala memikirkan ukuran skala dari gambar tersebut. Misalnya mereka mencari gambar dengan ukuran 300×250 piksel dan begitu seterusnya.

Saya tidak tahu persis ukuran berapa yang paling banyak dicari orang, tapi berdasarkan pengamatan saya adalah beberapa seperti gambar dengan skala kota 300×300 dan lainnya seperti 300×250, 728×90, 800×400 dan sebagainya.

Mengurangi Ukuran File Gambar.
Hampir sama dengan prinsip seo pada umumnya, dimana semakin cepat loading dari apa yang hendak diakses, maka semakin tinggi potensi SEO tersebut.

Jadi, gambar juga begitu. Gambar yang terlalu berat, ada kala membosankan dan tidak menarik bagi sebagian orang.

Maka dari itu, silahkan Anda compress atau mengecilkan ukuran file gambar yang Anda targetkan sebelum Anda upload pada situs blog Anda. Ada banyak sekali situs compress gambar secara online di google, jadi Anda tinggal pilih salah satunya.

#SETELAH UPLOAD
Cantumkan Pada Artikel
Setelah semua tahapan pra-upload Anda lakukan, maka selanjutnya adalah tahap dimana Anda dapat mengupload atau mengunggah file gambar yang Anda targetkan dan kemudian cantumkan pada sebuah artikel di blog Anda.

Gunakan Deskripsi Atau Caption
Setiap gambar yang telah diupload di sebuah blog, pastinya ada sebuah kolom yang telah tersedia di blog Anda, entah itu wordpress atau blogger.

Sebaiknya Anda gunakan sebuah deskripsi atau caption dari gambar yang Anda targetkan, sesuai kata kunci yang prospek menurut Anda.

Gunakan Alt Teks
Biasanya ketika Anda hendak mencantumkan sebuah iklan banner, maka tahapan ini salah satu yang cukup sakral dilakukan. Banyak yang beranggapan bahwa dengan menambahkan sebuah kode alt teks pada sebuah gambar juga akan meningkatkan optimasi seo pada kata kunci yang kita masukan pada text alt tersebut.

Selebihnya mengenai cara menambahkan alt text pada sebuah gambar, silahkan cari pada ulasan teman-teman penulis lainnya.

Penutup

Ok, mungkin cukup ini saja yang dapat saya sampaikan. Sisanya, hanya pengaturan mandiri yang dapat dilakukan oleh Anda sendiri sebagai pemilik situs blog.
Sekian dari artikel ini. Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak tersebut pada kolom komentar.

Post a Comment

0 Comments

close