Fungsi Adobe Indesign

Fungsi dan pengertian adobe indesign lengkap

Dunia software memang tak ada matinya, tiap tahun pasti bermunculan software - software baru. Baik itu memperbarui software yang lama atau software revisi, sampai software yang memang benar-benar baru. Ini merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam era modern ini, kita harus mengikuti perkembangan di segala bidang khususnya di bidang komputer. Mengapa demikian, ini dikarenakan semua akses informasi awalnya melalui komputer.

Dalam ilmu grafis, banyak software yang mungkin harus dikuasai agar memudahkan dalam mengerjakan suatu pekerjaan tertentu. Misalnya Corel draw untuk mendesain vector atau banner-banner, Adobe photoshop untuk edit dan manipulasi foto atau gambar, foto resizer untuk mengubah ukuran gambar dalam jumlah yang banyak sekaligus, untuk layout digunakan Adobe Indesign, dan masih banyak lagi software-software lainnya.

Kenapa harus menguasai? Bukannya satu software sudah cukup? Ya, memang software grafis memang bisa digunakan untuk beberapa keperluan, namun satu software kadang memiliki beberapa kelemahan untuk mengerjakan pekerjaan yang bukan seharusnya. Misalnya dalam memotong gambar, lebih mudah memakai apa? Tentu Adobe photoshop, meskipun Corel drawdan Adobe Indesign juga bisa melakukannya, namun akan sedikit memerlukan usaha.


Dalam artikel di Blog hardware dan software kali ini, izinkan saya menyampaikan informasi singkat mengenai fungsi Adobe Indesign. Alasan mengapa saya menulis ini karena memang saya pernah bekerja dialah satu penerbitan koran di Jawa tengah. Harapannya ilmu saya yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk orang banyak. Baiklah tidak usah berlama-lama, mari kita simak fungsi Adobe Indesign dalam artikel singkat dibawah ini :

Fungsi Adobe Indesign

Adobe Indesign - merupakan software grafis keluaran adobe yang berfungsi melakukan tugas pelayoutan. Adobe Indesign sendiri merupakan penyempurnaan dari software Adobe pagemaker. Dengan fitur yang lebih mudah digunakan tentunya. Dengan Adobe Indesign pekerjaan di bidang layout akan semakin mudah. Adobe Indesign sangat cocok untuk layout karena memiliki fitur-fitur seperti halaman yang berkelanjutan, tidak seperti Corel draw yang harus pindah halaman ketika mau pindah. Di Adobe Indesign kita langsung bisa melihat semua halaman.

Fungsi Adobe Indesign sangat penting terutama pada bagian layout seperti :

  • Desain layout halaman koran,  koran merupakan contoh pekerjaan yang Desainnya sebagian besar ada di bidang layout.  Ketika bekerja dengan teks dan layout,  software Adobe Indesign sangat cocok untuk mengerjakan halaman koran.
  • Desain layout majalah,  sama seperti koran,  majalah juga terdiri dari banyak halaman dengan teks dan gambar.  Untuk mengerjakan pekerjaan majalah,  software yang paling saya rekomendasikan adalah Adobe Indesign.  Dengan Adobe Indesign kita bebas mengatur gambar dan teks.  Text wrap-nyapun sangat mudah dan rapi.
  • Desain layout buku. Terbayang tidak jika kita mendesain buku yang notabennya memiliki banyak sekali halaman yang membuat kita sedikit bingung dalam pengerjaannya.  Dengan Adobe Indesign semua halaman akan terlihat dalam satu dokumen.  Sehingga tidak akan menyulitkan.

Dan masih banyak lagi pekerjaan yang bisa dikerjakan Adobe Indesign. Yang penting berhubungan dengan layout dan teks.

Adobe Indesign juga memiliki beberapa keunggulan dibanding software grafis yang lainnya. 

Keunggulan dari Adobe Indesign antara lain :

  1. Permainan teks sangat mudah.  Karena ini software layout teks,  Adobe mendesain Adobe Indesign ini dengan sangat canggih.  Yang memudahkan kita dalam bermain teks adalah dengan adanya Paragraph Style.  Dengan paragraph style kita bisa mengatur teks dengan hanya sekali klik.
  2. Halaman yang bisa dilihat semua. Untuk software layout yang paling membingungkan adalah banyaknya halaman yang harus dikerjakan.  Dengan Adobe Indesign kita bisa melihat semua halaman. Bahkan sampul halaman bisa langsung kita buat disitu.
  3. Shortcut yang hampir sama dengan Adobe photoshop. Ini merupakan keunggulan dari Adobe Indesign.  Bagi yang sudah hafal dengan Shortcut Adobe photoshop dijamin tidak akan mengalami kesulitan.
  4. Ringan digunakan. Dalam Adobe Indesign, semua gambar yang dimasukkan dalam file tidak akan membebani kinerja Adobe Indesign.  Namun ketika sudah insert gambar,  jangan dirubah lokasi gambarnya ya,  kalau dirubah maka akan terjadi missing link. Untuk mengatasinya bisa mengupdate link.

Banyak kelebihannya bukan? Menurut saya Adobe Indesign merupakan salah satu produk Adobeyang terbaik. Namun bukan berarti Adobe Indesign tidak memiliki kekurangan ya.  Dibanding software grafis lainnya.

Kelemahan atau kekurangan adobe Indesign

Kelemahan atau kekurangan Adobe Indesign diantaranya Hanya sedikit orang yang menggunakannya,  maka akan sedikit pula orang yang membantu ketika kita mengalami kesulitan pada saat awal penggunaannya. Tak hanya itu,  di internet juga masih sedikit orang yang membahas Adobe Indesign. apalagi tutorialnya,  kalau dari situs luar negeri sih mungkin banyak namun bahasanya kebanyakan bahasa bule.

Baik cukup sekian artikel singkat mengenai fungsi software Adobe Indesign. Semoga artikel fungsi Adobe Indesign ini dapat bermanfaat.  Selamat mencoba dan silahkan Share artikel ini jika memang bermanfaat.

Salam - Komputer Indonesia 

Post a Comment

0 Comments

close