Pengertian Informatika serta luang lingkupnya


Apa Itu Teknik Informatika ?
definisi Teknik Informatika adalah kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.
adalah :

1. Sistem Informasi
Memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak
2. Rekayasa Perangkat Lunak
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.
3. Pemrograman dan Komputasi
Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.
4. Arsitektur dan Jaringan Komputer
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll.

Prospek Lulusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer
Bidang aplikasi Informatika dan komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika antara lain adalah: Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll )

Apa Yang Dipelajari di Teknik Informatika ?
Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. Pada Teknik Informatika, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Secara garis besar materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain
Oke langsung Saja Kita bahas pengertian luang lingkup infomatika

A. Pengertian Teknik Informatika

Informatika adalah disiplin ilmu yang memeriksa transformasi liputan berlambang yaitu data juga fakta pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini meliputi beberapa macam bidang, termasuk pada dalamnya: sistem berita, ilmu komputer, ilmu kabar, teknik personal komputer  dan aplikasi berita pada sistem keterangan manajemen. Secara generik informatika menilik struktur, sifat, dan hubungan menurut beberapa sistem yang dipakai buat mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, dan menampilkannya dalam bentuk liputan. Aspek menurut informatika lebih luas berdasarkan sekedar sistem liputan berbasis komputer saja, namun masih poly kabar yg tidak & belum diproses menggunakan komputer.
Teknik Informatika adalah gugusan disiplin ilmu & teknik yang secara spesifik menangani masalah transformasi atau pengolahan data menggunakan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses akal. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih poly dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (perangkat lunak) buat banyak sekali bidang pelaksanaan dalam banyak sekali bidang bisnis, & teknologi jaringan personal komputer .

B. Ruang Lingkup Teknik Informatika
Secara garis besar, ruang lingkup teknik informatika bisa dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain merupakan :

1. Sistem Informasi
Memberikan pengetahuan & pengertian dasar tentang konsep & kerangka sistem warta, metodologi & teknik perancangan, pengembangan, pengetesan & pemeliharaan sistem aplikasi.
2. Rekayasa Perangkat Lunak
Materi yang dipelajari pada bidang ini merupakan Analisa & Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.
3. Pemrograman dan Komputasi
Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis pertarungan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.
4.  Arsitektur & Jaringan Komputer
Materi yang dipelajari dalam bidang ini merupakan Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll.

Post a Comment

0 Comments

close